GEOLISTRIK

oleh : muhammad erik

Kami adalah Perusahaan Penyedia Jasa Survey Geolistrik , dan Soil Resistivity untuk wilayah seluruh Indonesia Kami siap memberikan kualitas jasa, layanan dan harga terbaik untuk anda, Cepat, Tepat dan Akurat adalah pola kerja kami,  Kepuasan Anda adalah target kami. Taktis dan Profesional adalah cara kerja kami.  Hubungi kami segera di nomor 0813-1717-8885 , anda akan mendapatkankan layanan super cepat dari kami.

cropped-project-haju3.jpgJasa Survey Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan dibawah permukaan tanah dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah.

Jasa Survey Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika aktif, karena arus listrik berasal dari luar sistem. Tujuan utama dari metode ini sebenarnya adalah mencari resistivitas atau tahanan jenis dari batuan. Resistivitas atau tahanan jenis adalah besaran atau parameter yang menunjukkan tingkat hambatannya terhadap arus listrik . Batuan yang memiliki resistivitas makin besar, menunjukkan bahwa batuan tersebut sulit untuk dialiri oleh arus listrik. Selain resistivitas batuan, metode geolistrik juga dapat dipakai untuk menentukan sifat-sifat kelistrikan lain seperti potensial diri dan medan induksi.

Resistivitas batuan dapat diukur dengan memasukkan arus listrik ke dalam tanah melalui 2 titik elektroda di permukaan tanah dan 2 titik lain untuk mengukur beda potensial di permukaan yang sama. Hasil pengukuran geolistrik dapat berupa peta sebaran tahanan jenis baik dengan jenis mapping atau horisontal maupun sounding atau kedalaman. Hasil pengukuran geolistrik mapping maupun sounding disesuaikan dengan kebutuhan diadakannya akuisisi data serta jenis konfigurasi yang digunakan.

Konfigurasi

Pengukuran jasa survey geolistrik berhubungan dengan geometri susunan elektroda arus dan potensial yang digunakan saat akuisisi. Metode geolistrik terdiri dari beberapa konfigurasi, misalnya yang ke 4 buah elektrodanya terletak dalam satu garis lurus dengan posisi elektroda AB dan MN yang simetris terhadap titik pusat pada kedua sisi yaitu konfigurasi Wenner dan Schlumberger. Setiap konfigurasi mempunyai metoda perhitungan tersendiri untuk mengetahui nilai ketebalan dan tahanan jenis batuan di bawah permukaan.

Beberapa jenis konfigurasi yang biasa digunakan untuk pengukuran geolistrik adalah, konfigurasi Schlumberger, konfigurasi Wenner, konfigurasi Dipole-dipole dan variasinya

Konfigurasi Wenner

KONFIGURASI WINNER

Pengukuran jasa survey geolistrik  ini dilakukan dengan cara meletakkan titik titik elektroda dengan beda jarak satu sama lain yang sama. Elektroda yang bersebelahan akan berjarak sama (AM = MN = NB = a). Konfigurasi ini memiliki kelebihan dalam ketelitian pembacaan karena memiliki nilai eksentrisitas yang tidak terlalu besar atau bernilai sebesar 1/3. metode ini juga salah satu metode dengan sinyal yang bagus. Kelemahan dari metode ini adalah tidak bisa mendeteksi homogenitas batuan di dekat permukaan yang bisa berpengaruh terhadap hasil perhitungan. selain itu, metode ini membutuhkan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan konfigurasi yang lain karena setiap berpindah, maka kabel harus diganti dengan yang lebih panjang.

Konfigurasi Schlumberger

KONFIGURASI SCHLUMBERGER

Pengukuran jasa survey geolistrik ini dilakukan dengan cara yang sama dengan Wenner, namun jarak elektroda arus dapat diubah tidak sama dengan jarak elektroda potensial. Nilai eksentrisitas dari konfigurasi ini dapat berkisar antara 1/3 atau 1/5. Apabila elektroda arus yang dipindah sudah melewati batas eksentrisitas, perlu dilakukan shifting pada elektroda potensial agar nilai yang didapatkan masih bisa terbaca.

konfigurasi schlumberger biasanya digunakan untuk sounding, yaitu pengambilan data yang difokuskan secara vertikal. Kelebihan dari konfigurasi ini adalah dapat mendeteksi adanya non-homogenitas lapisan batuan pada permukaan dengan cara membandingkan nilai resistivitas semu ketika shifting. Sedangkan kelemahannya adalah pembacaan pada elektroda MN kecil ketika AB berada sangat jauh, hampir melewati batas eksentrisitasnya.

KonfigurasiDipole-Dipole

KONFIGURASI DIPOLE DIPOLE

Pengukuran jasa survey geolistrik ini dilakukan dengan cara yang sangat berbeda dengan dua konfigurasi diatas. Elektroda potensial diletakkan berjauhan dengan jarak na dari elektroda arus.

kelebihan dari konfigurasi ini adalah biaya yang dikeluarkan tidaklah mahal jika dibandingkan dengan wenner dan schlumberger. konfigurasi ini juga dapat digunakan untuk mapping, yaitu pengukuran yang memfokuskan hasil secara lateral. untuk kekurangannya adalah konfigurasi ini memiliki kualitas sinyal yang jelek jika dibandingkan wenner dan schlumberger. Selain dipole-dipole kita dapat melakukan pengurangan elektroda sehingga konfigurasi tersebut menjadi pole-dipole (pengurangan 1 elektroda) atau pole-pole (2 elektroda).

Manfaat Pengukuran Geolistrik

Hasil data pengukuran jasa survey geolistrik berupa tahanan jenis dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan :

  • Geologi Teknik untuk mengetahui tebal lapisan lapuk, jenis batuan, struktur geologi serta porositas dan permeabilitas batuan untuk penentuan konstruksi.
  •  Pertambangan, untuk mengetahui persebaran mineral di dalam lapisan tanah.
  •  Minyak untuk mengetahui ketebalan lapisan lapuk dalam penentuan pemasangan bor, struktur lapisan serta jenis batuan
  •  Arkeologi untuk mengetahui situs-situs peninggalan sejarah yang terpendam dalam tanah.
  • Geologi regional suatu wilayah baik struktur geologi maupun stratigrafinya.
  • Hidrologi, untuk mencari akuifer atau sumber air tanah atau mengetahui intrusi air laut.

Tiap konfigurasi memiliki kedalaman semu maksimum yang bisa ditembus :

  • Wenner : konfigurasi ini memiliki kedalaman semu sebesar 1/3 dari bentangan AB
  • Schlumberger : konfigurasi ini memiliki kedalaman semu sebesar 1/5 dari bentangan A
  • Dipole-Dipole : KOnfigurasi ini memiliki kedalaman semu sebesar MN(n+1)/

Geolistrik Untuk Berbagai Eksplorasi

  1. Eksplorasi Air Tanah

Metode jasa survey geolistrik yang paling tepat untuk digunakan dalam pencarian reservoir air tanah adalah metode tahanan jenis/resistivitas, karena metode ini lebih efektif untuk eksplorasi yang sifatnya dangkal yaitu pada kedalaman sekitar 30-150 meter.Parameter yang diukur adalah harga resistensi batuan dimana batuan yang mengandung banyak air memiliki konduktivitas semakin besar, sehingga resistivitasnya akan semakin kecil. Begitu pula sebaliknya, konduktivitas akan semakin kecil jika kandungan air dalam batuan semakin sedikit, sehingga resistivitasnya akan semakin besar.

  1. Eksplorasi Batubara

Salah satu metoda geofisika yang dapat digunakan untuk memperkirakan keberadaan dan ketebalan batubara di bawah permukaan adalah metoda geolistrik tahanan jenis. Metoda geolistrik dapat mendeteksi lapisan batubara pada posisi miring, tegak dan sejajar bidang perlapisan di bawah permukaan akibat perbedaan resistansi perlapisan batuan yang satu dengan yang lain, karena pada umumnya batubara memiliki harga resistansi tertentu.

  1. Eksplorasi Geothermal

Dalam eksplorasi panas bumi digunakan metode geolistrik tahanan jenis untuk memetakan harga tahanan jenis batuan di daerah penelitian dalam rangka menentukan daerah konduktif yang merupakan batas reservoir sistem panasbumi.Peninjauan yang dilakukan dengan cara profiling untuk memperoleh gambaran umum daerah  prospek panasbumi.

  1. Eksplorasi Mineral/Bahan Galian dan Industri 

Golongan Galian  Chttps://geotangguh.com/

  • nitrat-nitrat, pospat-pospat, garam batu (halite);
  • asbes, talk, mika, grafit, magnesit;
  • yerosit, leusit, tawas (alum), oker;
  • batu permata, batu setengah permata;
  • pasir kwarsa, kaolin, feldspar, gips, bentonit;
  • batu apung, tras, obsidian, perlit, tanah diatome, tanah serap (fuller earth);marmer, batu tulis;
  • batu kapur, dolomit, kalsit;

Dalam eksplorasi mineral digunakan metode geolistrik polarisasi terimbas.Mengenai polarisasi yang terjadi pada batuan dan tanah adalah melingkupi penyebaran atau difusiion-ion menuju mineral-mineral logam dan pergerakan ion-ion didalam pore-fillingelektrolit. Yang menjadi efek utama atau mekanisme utama yang terjadi dalam suatuproses polarisasi adalah polarisasi elektroda atau electrode polarization dan polarisasi membrane atau membrane polarization.

Bila anda membutuhkan Jasa Survey Geolistrik , Kami adalah Perusahaan Penyedia Jasa Survey Geolistrik untuk wilayah Seluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke yang memadukan tenaga muda profesional dan tenaga senior yang sarat pengalaman.

Cepat, Tepat dan Akurat adalah pola kerja kami,  Kepuasan Anda adalah target kami. Taktis dan Profesional adalah cara kerja kami.

Kami siap memberikan kualitas jasa, layanan dan harga terbaik untuk anda.Kami pun selalu memberikan solusi terbaik untuk anda. Kami Melayani perorangan, organisasi, instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta.

Apabila Anda membutuhkan konsultasi, silahkan hubungi kami via telephone atau chat online via Whasapp di account yang tertera di bagian kanan  atas dan di bawah  halaman ini. Kami senang bila dapat menjadi bagian solusi untuk kebutuhan Anda.

Jika anda butuh penjelasan, pertanyaan, permintaan penawaran harga jasa tentang Jasa Survey Geolistrik silahkan hubungi kami , akan kami respon permintaan anda dengan cepat. 

Diterbitkan oleh revogeosurvey

KERJAKANLAH WUJUDKANLAH RAIHLAH CITA - CITAMU DENGAN MEMULAINYA DARI BEKERJA BUKAN HANYA MENJADI BEBAN DI DALAM IMPIANMU

Satu pendapat untuk “GEOLISTRIK

Tinggalkan komentar